Computers and TechnologyReference and Education

Berguna Sebagai Pelindung, Berikut Pengertian dan Fungsi Safety Valve

Katup pengaman adalah jenis katup yang sedikit berbeda dari katup lainnya. Ini untuk memastikan bahwa katup pengaman mempertahankan tekanan yang didistribusikan ke pipa dan tidak melebihi kapasitas yang diharapkan. Katup ini biasanya digunakan dalam sistem boiler dan hidran kebakaran. Berikut penjelasan pengertian dan fungsi safety valve

Pengertian Katup Pengaman atau Safety Valve

Katup pengaman saat ini paling umum digunakan dalam sistem boiler dan hidran kebakaran. Fungsi dari safety valve pada sistem boiler adalah untuk melepaskan tekanan uap berlebih dan mencegah kerusakan pada komponen-komponen boiler. Hal ini karena jika tekanan uap di dalam boiler dibiarkan, justru dapat merusak tabung-tabung yang ada di dalam boiler. 

Selain itu, tekanan uap dapat berbahaya bagi operator sistem boiler. Oleh karena itu, menggunakan katup pengaman menghilangkan tekanan uap berlebih dan menguranginya ke normal sesuai toleransi. Ini akan mencegah berbagai bahaya akibat tekanan uap boiler. Di sisi lain, katup pengaman pada sistem hidran kebakaran adalah untuk meningkatkan tingkat keamanan peralatan termal hidrolik. 

Mengenai pengertian dan fungsi safety valve, katup dapat mempertahankan tekanan air yang stabil di dalam hidran. Ini mencegah bahaya kenaikan tekanan aliran air secara tiba-tiba di luar kapasitas penyesuaian. Jika tekanan air dalam sistem pemadam kebakaran atau pipa air menjadi terlalu tinggi, ada risiko kerusakan pada komponen sistem hidran kebakaran. 

Tidal perlu khawatir untuk mendapatkan valve jenis ini, saat ini banyak sekali supplier jual valve yang menjual berbagai jenis dan type safety valve.

Fungsi Penggunaan Katup Pengaman

Pengertian Safety Valve

Mengingat fungsi katup pengaman dan perannya dalam sistem boiler dan hidran kebakaran, dapat disimpulkan bahwa tujuan utama penggunaan katup jenis ini adalah untuk melindungi kehidupan dan lingkungan. Untuk itulah safety valve dikatakan sangat unik dibandingkan dengan jenis valve lainnya. Penggunaan dari valve ini dilakukan dengan karena satu tujuan

Tujuan tersebut yaitu untuk melindungi dari tekanan berlebih dalam sistem. Katup pengaman tidak dapat digunakan untuk mengatur tekanan seperti katup lainnya. Katup ini dirancang untuk membuka dan kemudian melepaskan tekanan berlebih pada perangkat. Dengan adanya hal tersebut maka akan memungkinkan sistem untuk mencapai kondisi normal. 

Katup pengaman yang bertindak sebagai garis pertahanan terakhir dalam kondisi tertentu dari peralatan atau sistem , tentu saja sangat penting untuk dipertimbangkan. Operator wajib memastikan bahwa komponen berfungsi dengan baik dalam segala situasi. Sangat berbahaya untuk mengoperasikan sistem saat katup pengaman sedang tidak berfungsi.

Ukuran Safety Valve

Menentukan ukuran katup pengaman dan jumlah yang benar untuk digunakan dalam boiler sangat penting. Memungkinkan katup pengaman ini digunakan secara efektif dan efisien nantinya. Direkomendasikan untuk mengatur nilai pengaturan katup pengaman itu sendiri setidaknya 20% antara tekanan kerja uap agar katup tetap dapat bekerja secara optimal 

Melihat ke hilir, kapasitas total katup pengaman pada titik setel harus melebihi kapasitas tekanan uap maksimum. Dalam hal ini, tekanan uap yang masuk ke katup harus dihitung dari sumber uap pada pengaturan maksimum katup pengaman. Ukuran katup pengaman yang digunakan tidak melebihi desain yang diperhitungkan karena berpotensi menimbulkan kebocoran dan kerusakan katup 

Tekanan yang disetel di sana sesuai dengan MAWP dari komponen dengan nilai set terendah. Mengenai pengertian dan fungsi safety valve, jumlah bagian yang digunakan dalam boiler adalah tiga. Dua di antaranya dipasang pada drum boiler dan satu dipasang pada header superheater. Ketiga katup pengaman ini disetel sebelum boiler menyala dan berjalan. 

 

Read More : Pneumatic Directional Control Valves

Kesimpulan

Mengingat berbagai fungsi dan aplikasi katup pengaman tidak mengherankan jika katup ini banyak digunakan dalam sistem perpipaan industri. Terutama dalam hal boiler, katup pengaman selalu dilengkapi untuk menghindari risiko bahaya yang mungkin terjadi. Dengan banyaknya pemakaian safety valve ini, banyak penjual supplier jual safety valve yang ada saat ini. Selain sistem boiler, katup pengaman sendiri sering digunakan untuk hidran kebakaran.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button